Cara membuka rekening di Bank BRI

Cara membuka rekening di bank BRI. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh bank BRI semakin memanjakan penggunanya, baik yang memiliki rekening untuk keperluan bisnis, tabungan , investasi atau pun sekedar penerima kiriman uang dari sanak famili yang tinggal agak jauh. Bank BRI seperti kita ketahui hampir mencakup seluruh wilayah kota kecamatan yang ada di Indonesia. Makanya tidak heran jika hampir sebagian besar dari masyarakat kita memiliki rekening di Bank BRI.

Bahkan jika kita mengamati berita yang ada di media, sekarang ini pun anak sekolah yang menerima dana bantuan sekolah (misal dana BOS) dapat mengambil uangnya melalui bank jika sudah memiliki rekening. Namun jika belum memiliki rekening Bank BRI maka disarankan untuk membuka rekening untuk mempermudahkan ia saat mengambil uangnya.

 

Jika Anda ingin membukaa rekening di Bank BRI, berikut adalah tata cara dan biaya yang anda harus persiapkan terlebih dahulu sebelum datang ke Kantor cabang Bank BRI terdekat di tempat tinggal anda.

Syarat buka rekening BRI

Persyaratan mendaftar rekening di Bank BRI sebenarnya cukup mudah , yang anda harus siapkan adalah kartu identitas yang masih berlaku saat ini dan NPWP jika anda memilikinya. Untuk NPWP tidak diharuskan karena tidak semua orang memilikinya namun akan lebih mempermudah proses perbankan jika anda mendaftarkannya sekalian saat mendaftar rekening baru.

  • Jika anda seorang WNI bawalah KTP anda saat ini.
  • Jika anda seorang WNA, proses pendaftaran juga dapat menggunakan Paspor yang anda miliki.

Alangkah baiknya juga bila anda menyiapkan fotokopi kartu identitas anda tersebut sebanyak 2 atau 3 rangkap. mengapa ? karena sebenarnya pihak bank membutuhkan fotokopian data diri tersebut. Jika di kantor cabang tersebut terdapat alat fotokopi maka mereka akan memfotokopikan untuk anda, namun jika tidak tersedia maka kemungkinan anda harus memfotokopikan dahulu. Lebih baik berjaga-jaga bukan, daripada anda harus bersusah kemudian.

Berapa biaya yang harus disiapkan saat akan mendaftar rekening Bank BRI

Biaya pendaftaran bank BRI tergantung jenis rekening yang yang akan anda buka. Mungkin anda sedikit bertanya apakah uang pendaftaran ini akan hilang atau kemana. Sebenarnya sederhananya begini, uang pendaftaran rekening BRI ini akan diisikan ke rekening atau tabungan anda sepenuhnya. Jadi biaya pendaftaran ini adalah rekening pertama anda.

Macam-macam jenis rekening yang ada di bank BRI antara lain Tabungan, Deposito dan Giro. Semuanya memiliki kelebihannya masing-masing dan tergantung dari tingkat keuangan dan kepentingan anda. Macam-macam tabungan BRI antara lain SIMPEDES, BRITAMA, BRI TabunganKU, BRI Junio, Tabungan Haji dan lain sebagainya.

Daftar Biaya Pendaftaran Rekening di Bank BRI
JENIS REKENING Biaya Pendaftaran
Tabungan
BRITAMA

SIMPEDES

SIMPEDES TKI

Tabungan Haji

TabunganKU

Junio

Rp. 250.000,00 (Classis) – Rp. 10.000.000,00 (Bisnis)

Rp. 100.000,00

Rp.   10.000,00

Rp.   50.000,00

Rp.   20.000,00

Rp. 100.000,00

Giro BRI Rp.    500.000,00 (Perorangan)

Rp. 1.000.000,00 (Badan Usaha)

Deposito
Deposito BRI Rupiah

 

 

Deposito BRI Valas

Rp. 10.000.000,00

USD 1.000    AUD 2.000    SGD 2.000

GBP 1.000    EUR 1.500     CNY 8.000

JPY 150.000  HKD 10.000

Prosedur Pendaftaran di Bank BRI

Untuk mendaftar di bank BRI sebenarnya sangat mudah. Terdapat dua langkah pilihan yang dapat anda tempuh untuk melakukannya. Cara pertama anda dapat menggunakan fasilitas pendaftaran online yang dapat di kunjungi di alamat eform.bri.co.id. Kemudian cara kedua anda dapat mendaftar langsung ke kantor cabang bri terdekat dari tempat tinggal anda.

Untuk pendaftaran secara online, panduan lengkapnya bisa anda lihat di artikel berikut : . Setelah anda mendaftar, segeralah ke kantor cabang untuk melakukan setoran awal dan pembuatan Buku rekening dan ATM melalui bagian customer service.

Untuk pendaftaran secara offline, anda cukup ke kantor  cabang Bank BRI kemudian langsung saja menghubungi bagian customer service , maka rekening anda akan segera diterbitkan/dibuatkan. Namun biasanya anda harus menunggu nomor antrian, jika kebetulan kantor cabang tersebut sedang ramai. saran saya, mendaftarlah pada jam-jam setelah istirahat karena sering kali antriannya hanya tinggal satu atau dua orang saja.

Setelah anda mempunyai rekening sendiri , maka anda bebas untuk menggunakannya selama tidak melanggar kebijakan dan aturan dari Bank BRI.