Perbedaan Antara Kartu Kredit dan Debit Terbaru

Perbedaan Antara Kartu Kredit dan Debit Terbaru

Kartu pembayaran kini kian banyak penggunanya, seperti yang diketahui adanya kartu kredit dan kartu debit untuk kemudahan pembayaran. Kedua jenis kartu tersebut sangat populer apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, pembayaran semakin cepat dan praktis apabila menggunakan kedua kartu tersebut.

Meskipun tampak sama, kartu kredit dan debit memiliki perbedaan mendasar. Hal inilah yang perlu dipahami agar penggunaannya dapat disesuaikan sebagaimana fungsinya. Mari kita simak apa saja perbedaan mendasar dari kartu kredit dan debit tersebut.

 


Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

 

1. Kepemilikan Kartu

Kartu debit dikeluarkan oleh bank kepada pemegang rekening tabungan atau giro. Ini berarti, pemegang kartu debit harus memiliki rekening di bank yang menerbitkan kartu tersebut. Sebaliknya, kartu kredit diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya tanpa mengharuskan pemegang kartu memiliki rekening di bank tersebut. Pemilik kartu kredit hanya perlu memenuhi berbagai syarat yang telah ditentukan oleh penerbit kartu.

 

2. Perbedaan pada Tampilan Kartu

Secara umum, tampilan kartu kredit dan kartu debit hampir serupa, baik dari segi ukuran, posisi logo, maupun jumlah digit pada nomor kartu. Namun, desain kartu kredit biasanya lebih elegan dengan variasi jenis seperti Gold atau Platinum, serta warna dan desain yang lebih menarik dibandingkan kartu debit. Informasi nama pemilik kartu biasanya tercantum pada kartu kredit, sedangkan pada kartu debit tidak selalu dicantumkan. Selain itu, kartu kredit mencantumkan masa berlaku kartu, yang tidak selalu ada pada kartu debit.

 

3. Penggunaan Kartu

Kartu debit adalah bentuk ringkas dari rekening tabungan yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dan transfer uang, serta menarik uang tunai dari mesin ATM tanpa biaya tertentu. Kartu kredit, di sisi lain, adalah bentuk pinjaman yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan syarat harus membayar kembali pinjaman tersebut. Kartu kredit juga bisa digunakan untuk tarik tunai, namun akan dikenakan biaya tambahan.

 

4. Fasilitas yang Tersedia

Kedua jenis kartu ini menawarkan kemudahan bagi pemiliknya. Kartu debit umumnya memberikan kemudahan dalam pembayaran dan mungkin beberapa promo dari bank. Kartu kredit menawarkan lebih banyak fasilitas, seperti promo potongan harga, pengumpulan poin, dan reward lainnya yang menarik bagi pengguna.

 

5. Limit Pemakaian

Kartu debit tidak memiliki limit penggunaan selama saldo di rekening masih mencukupi. Sebaliknya, kartu kredit memiliki batasan penggunaan yang ditetapkan oleh bank penerbit berdasarkan jenis kartu dan kebijakan bank tersebut. Limit kartu kredit bisa berkisar dari beberapa juta hingga ratusan juta rupiah.

 

6. Biaya Kartu

Kedua jenis kartu ini juga memiliki biaya yang berbeda. Kartu debit mungkin dikenakan biaya cetak kartu, administrasi bulanan, penarikan tunai di ATM berbeda, transfer antar bank, penggantian kartu rusak atau hilang, dan penutupan rekening. Kartu kredit biasanya dikenakan biaya administrasi tahunan, pembayaran tagihan, keterlambatan pembayaran, pembatalan cicilan, melebihi limit penggunaan, tarik tunai, cetak tagihan, dan penggantian kartu.


Demikianlah perbedaan antara kartu kredit dan debit terbaru yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu bagi yang sedang mencari tahu perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit.

Share

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Antara Kartu Kredit dan Debit Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel