Sebenarnya banyak sekali orang diluar sana yang tidak seberuntung kita. Banyak orang yang tidak memiliki tempat tinggal, banyak orang yang kesusahan untuk makan setiap harinya. Beruntung kita masih memiliki jatah uang saku yang tentu bisa kita gunakan untuk keperluan kita.

Kebutuhan dan uang itu ibarat sebuah mata koin yang tidak bisa dipisahkan. Semua butuh uang. Benar tidak? Mau beli hape butuh uang. Mau beli jajan, butuh uang. Mau beli buku, butuh uang. Semua butuh uang. Barangkali uang kalian yang nilainya tidak banyak, di mata mereka yang tidak memiliki uang itu akan bernilai sangat banyak.

Tentu kalian mau bukan untuk menabung dan menyisahkan uang kalian untuk kepentingan kalian sendiri. Misalnya, untuk membeli handphone, untuk membeli baju, untuk bersedekah dan masih banyak lagi. Pastinya, jika keinginan itu dapat kalian capai, pasti kalian akan bangga kalau itu hasil dari uang tabungan kalian sendiri. Seperti kata pepatah, “sedikit-dikit lama-lama menjadi bukit”. Jadi, bisa jadi uang itu akan memiliki nilai yang besar dikemudian hari.

Berikut ini Tips dari Kami Untuk Menabung Uang Jajan 2000 Rupiah

1. Membawa Bekal Sendiri

Bawa bekal

Usahakan membawa bekal sendiri, tidak usah banyak-banyak. Cukuplah untuk mengganjal perut kalian apabila sedang lapar. Buat kalian yang terbiasa tidak sarapan, cobalah sarapan terlebih dahulu dirumah. Jangan budayakan hidup konsumtif, jadilah pribadi yang memiliki pendirian yang kuat. Apa salahnya membawa bekal sendiri? Tidak ada bukan.

2. Membawa Minum Sendiri

Bawa minum

Selanjutnya adalah membawa minum sendiri. Pasti kita akan merasa haus disaat-saat jam pelajaran atau kita diluar. Setidaknya ini yang biasa saya lakukan ketika ingin bepergian. Menghemat sekali dan tidak perlu repot-repot membeli air minum. Sekali lagi, jangan budayakan hidup konsumtif. Jadilah pribadi yang hemat dan pandai menabung.

3. Membawa Buku Bacaan

Bawa buku

Selain hobi menabung, budayakan juga hobi membaca. Biasanya, orang yang hobi membaca buku itu rajin menabung, karena dia memiliki keinginan untuk membeli buku. Buat kalian yang ingin menyisahkan uang saku kalian, dan biasanya jika teman-teman kalian semuanya berada di kantin, cobalah untuk membaca buku. Tidak usah buku yang mahal-mahal. Bisa juga buku pelajaran yang kamu sukai.

4. Menyimpan Uang Saku

Menyimpan Uang

Langkah selanjutnya adalah selalu menyimpan saku. Simpanlah uang saku itu seolah-olah kalian lupa menaruh uang itu. Bisa kalian simpan di dalam tas atau dompet. Usahakan memakai uang itu jika ada keperluan yang mendesak. Bila perlu jika kalian jarang membutuhkannya, simpanlah uang itu didalam rumah atau di dalam celengan.

5. Menyimpan Didalam Celengan

menyimpan didalam celengan

Langkah Selanjutnya, jika kalian sudah pulang. Simpanlah uang itu didalam celengan. Jangan mengambil uang itu jika memang dirasa tidak sangat perlu. Simpanlah dengan baik. Jagalah celengan itu, jangan biarkan orang tahu. Karena akan repot jika kita sudah tidak mengambilnya malah justru diambil orang lain.

6. Lakukan Hal Itu Secara Rutin dan Terus Menerus

Terus menerus

Jika kalian sudah berhasil dalam satu hari, dua hari melakukan kegiatan ini. Usahakan lakukan dengan cara rutin. Tunggulah sampai kalian benar-benar ingin membukanya, tunggulah sampai penuh. Maka lihat, kalian pasti bakal terkejut melihat hasil tabungan kalian.

7. Simpan di Bank

Bank

Langkah terakhir, jika kalian sudah memiliki uang yang cukup dalam celengan kalian. Cobalah pindahkan dan menyimpannya di dalam rekening bank. Biarkan bank yang menyimpan uang kalian, sehingga uang kalian akan aman disana. Tentu, jika uang kalian sudah banyak. Pasti kalian akan mendapatkan untung dari bunga bank itu juga.

Categories: Tips