Saldo ATM yang mulanya dulu banyak tiba-tiba raib entah kemana tak tersisa. Padahal anda tidak merasa menggunakan uang tersebut. Pernahkah anda mengalami hal semacam ini? Jika kalian pernah mengalami, segeralah blokir kartu ATM anda agar hal tersebut tidak terjadi untuk kedua kalinya. Jika belum pernah. Mari kita simak pengertian, cara kerja dan cara menghindari kejahatan tersebut, agar hal tersebut tidak terjadi pada anda.

Pengertian Skimming

Skimming adalah tindak kejahatan cyber crime yang biasa digunakan untuk mencuri uang pada mesin ATM. Skimming mengkloning data dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM milik Nasabah. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, metode skimming pun semakin canggih pula, yaitu dengan memanfaatkan teknologi GSM atau WIFI sehingga pelaku dapat beroperasi dan atau mengambil data nasabah dari wilayah yang jauh dari ATM tersebut bahkan dapat dilakukan dari negara lain.

Kejahatan dengan metode skimming ini sebenarnya sudah sejak lama dilakukan oleh pelaku kejahatan dibidang perbankan. Teknik pembobolan kartu ATM nasabah melalui teknik skimming pertama kali teridentifikasi pada 2009 lalu di ATM Citibank, Woodland Hills, California.

Teknik skimming dilakukan dengan cara menggunakan alat yang ditempelkan pada slot mesin ATM (tempat memasukkan kartu ATM) dengan alat yang dikenal dengan nama skimmer. Modus operasinya adalah mengkloning data dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah, akan tetapi seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, metode skimmingpun semakin canggih pula, yaitu dengan memanfaatkan teknologi GSM atau WIFI sehingga pelaku dapat beroperasi dan atau mengambil data nasabah dari wilayah yang jauh dari ATM tersebut bahkan dapat dilakukan dari negara lain.

Ketahui cara kerja kejahatan ini sehingga kita dapat menghindarinya.

Cara Kerja Skimming

  1. Cara kerja skimming dimulai saat kita memasukan kartu ATM ke mesin ATM, mesin ATM akan membaca informasi pada kartu ATM anda untuk digunakan sebagai KUNCI mengakses fasilitas perbankan and.
  2. Nasabah yang memasukkan kartu tersebut di ATM lalu alat skimmer pun telah membaca dan merekam data kartu anda untuk selanjutnya akan di-copy-kan ke kartu magnetik lainnya (bodong).
  3. Selanjutnya sang pencuri tinggal mengambil alat skimmernya, dan menduplikasi kartu-kartu ATM milik nasabah-nasabah yang sempat mengakses ATM tersebut.
  4. Para pencuri juga memasang hidden camera untuk merekam saat kita menekan nomor PIN di ATM tersebut. Pemasangan Camera ini bertujuan untuk merekam aktifitas pemasukan PIN ATM.

Tindak kejahatan skimming dapat dicegah agar anda tidak menjadi korban tindak kejahatan ini, cara pencegahannya adalah sebagai berikut :

Cara Pencegahan Skimming

  1. Tutuplah tangan anda, sehingga kerahasiaan PIN anda terjaga.
  2. Melihat kondisi ATM sebelum melakukan transaksi dan jangan percaya kepada orang yang menawarkan kemudahan.
  3. Satu-satunya pencegahan terbaik adalah, Jika kartu ATM anda belum memiliki chip, segeralah ganti dengan yang baru.
Categories: ATM